Home / Berita / Jangan Dibuang, Bahan Sisa Dapur Ini Bisa Suburkan Tanaman

 

Liputan6.com, Jakarta Demi memiliki taman yang asri dan indah, Anda rela membeli beragam pupuk untuk menyuburkan tanaman. Bahkan, sebisa mungkin Anda membeli obat penyubur tanaman di toko tertentu yang harganya cukup mahal.

Tak jarang, seseorang sengaja datang ke area pegunungan untuk membeli tanaman incaran—dengan harapan kondisinya lebih sehat. Padahal, tanaman tak selalu membutuhkan pupuk mahal untuk mempertahankan hidupnya. Coba saja gunakan bahan yang mudah didapatkan ini.

Air sisa rebusan sayur untuk rumput

Jika Anda malas membuat pupuk kompos sendiri, cobalah menyiramkan air bekas rebusan sayur untuk rumput dan tanaman yang Anda tanam langsung di tanah—misalnya jenis tanaman pucuk merah, melati Bali, dan kucai.

Masih adanya sisa nutrisi dan vitamin di dalam air rebusan tersebut membuat tanah menjadi lebih sehat dan kaya akan mineral. Tanaman pun akan tumbuh lebih subur dan hijau daunnya.

Es batu untuk anggrek

Saat Anda membersihkan kulkas, jangan buang bunga atau balok esnya. Letakkan beberapa balok es pada tanaman anggrek dan rumput Anda.

Balok es ini akan mencegah akar anggrek cepat busuk sekaligus membuat media tanamnya lebih sejuk—biasanya anggrek akan lebih tahan lama jika berada di area yang sejuk.

Air sisa rebusan daging untuk anggrek dan mawar

Sisa mineral dan vitamin dalam air rebusan daging membuat media tanam pada anggrek dan mawar menjadi lebih sehat karena tercukupi kebutuhan nutrisinya. Namun, setelah Anda menyiramkan air sisa rebusan tersebut, diamkan selama 15 menit, lalu segera bilas dengan air bersih.

Pasalnya, sisa daging yang menempel akan mengundang semut yang nantinya malah merusak tanaman. Selain air sisa rebusan daging, anggrek juga akan subur jika disiram air kelapa. Kandungan gula murni pada kelapa meningkatkan pertumbuhan akar anggrek.

Ampas kopi untuk tanah

Sebarkan ampas kopi yang tersisa dalam cangkir Anda ke atas tanah yang ditumbuhi berbagai tanaman. Asam yang terkandung pada kopi dipercaya meningkatkan kandungan mineral pada tanah.

Selain itu, ampas kopi juga membantu menghilangkan hama, seperti siput, ulat, dan semut. Akan lebih baik jika kopi yang digunakan tidak dicampur dengan susu atau gula.

Tanaman-tanaman mungil cocok untuk diletakkan di dalam rumah, sebagai solusi minimnya ruang terbuka untuk hunian minimalis atau apartemen. Sedang mencari hunian? Lihat ragam pilihan hunian di seluruh Indonesia dengan harga di bawah Rp500 Juta di sini.

Sumber: Rumah.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *