Home / Berita / Worskshop Kurikulum KKNI Program Studi Pendidikan Biologi

 

Dalam rangka tindak lanjut hasil workshop “Penyusunan Kurikulum Inti Prodi Pendidikan Biologi dan Strata 1 Berbasis KKNI dan persiapan pelaksanaan Try Out Uji Kompetensi” yang dilaksanakan di ruang Micro Teaching pada tanggal 29-31 September 2017, maka telah disepakati perlunya dibentuk tim penyusun kurikulum inti Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah yang akan diberlakukan pada tahun akademik 2017 yang akan datang.

Sehubungan  dengan  adanya  hasil  hibah  terkait  Capaian  Pembelajaran  untuk  Prodi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah  yang  dimandatkan oleh Kemenristekdikti kepada Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh, maka bersama ini perlu dilakukan penyesuaian  kembali  antara  hasil  workshop  yang  dilaksanakan  di  Yogyakarta  dengan Capaian Pembelajaran tersebut.

KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) merupakan kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan  mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sector.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi.

KKNI diharapkan akan mengubah cara pandang orang terhadap kompetensi dosen dan mahasiswa. Tidak lagi melihat ijazah yang diperoleh, namun juga melihat pada kerangka kualifikasi  yang  disepakati  secara  nasional  sebagai  dasar  pengakuan  terhadap  hasil pendidikan seseorang secara luas baik formal maupun nonformal atau informal. Pelaksanaa KKNI melalui 8 tahapan yaitu melalui penetapan Profil Kelulusan, Merumuskan Learning Outcomes,   Merumuskan   Kompetensi   Bahan   Kajian,   Pemetaan   LO   Bahan   Kajian, Pengemasan  Matakuliah,  Penyusunan  Kerangka  Kurikulum,  Penyusuan  Rencana Perkuliahan.

Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, dan menyadari pentingnya untuk segera melakukan revisi dan penyusunan kembali Kurikulum berbasis Kompetensi menjadi Kurikulum berbasis KKNI, maka sesuai dengan Program Kerja Bidang Kurikulum pada Asosiasi Perguruan Tinggi Universitas Serambi Mekkah Tahun 2017, maka dilakukan Kegiatan “WORKSHOP LANJUTAN PENYUSUNAN KURIKULUM INTI BERBASIS KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) UNTUK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH “ pada tanggal 29-31 Oktober 2017

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *